dewabet asia
Berita posted by

Fatwa MUI “BPJS Haram” Sama Saja Matikan dan Menzalimi Rakyat Kecil

Fatwa MUI “BPJS Haram” Sama Saja Matikan dan Menzalimi Rakyat Kecil

Fatwa MUI “BPJS Haram” Sama Saja Matikan dan Menzalimi Rakyat Kecil  Karut-marut mengenai perlu atau tidaknya pembentukan BPJS Syariah sesuai rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut dikomentari oleh Ribka Tjiptaning, mantan ketua komisi IX DPR periode 2009-2014 dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menurutnya, keberadaan BPJS sampai saat ini sangat membantu rakyat kecil untuk mendapatkan haknya dalam hal jaminan kesehatan. Namun, kinerja dari orang-orang yang bekerja di lingkungan BPJS itu perlu dievaluasi karena dengan adanya polemik ini, tampak bahwa mereka seperti belum kompeten dalam bidang yang menjadi tugasnya.

“BPJS dengan embel-embel syariah sebenarnya tidak perlu diterapkan, hanya saja yang perlu diperbaiki saat ini adalah sumber daya manusia (SDM)-nya. Harus yang berkompeten dan paham akan permasalahan yang sesungguhnya terjadi. Buat saya, menyebut bahwa BPJS haram sama saja menzalimi rakyat kecil,” katanya kepada media saat dihubungi melalui saluran telefon, Jumat (7/8/2015).

Tokoh yang tengah membangun rumah sakit khusus rakyat kecil di wilayah Banten itu mengingatkan bahwa BPJS sesungguhnya sudah sesuai Undang-Undang Dasar 1945. Maka dari itu, jika mempermasalahkan atau menyebutkan BPJS itu haram, kata dia, berarti sama saja sudah menyalahi undang-undang.

“Secara jelas, dalam pasal 28 H menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pelayanan kesehatan yang layak. Dan menjadi tanggung jawab pemerintah dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dalam Pasal 14 sampai dengan Pasal 20 menjelaskan berbagai macam sarana dan prasana pelayanan kesehatan masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah, “ pungkasnya. (fal)

BACA JUGA

Hot !! “Nagita Cemburu” Raffi Ahmad Kumpul Bareng Mantan Velove Vexia

“Warung Murah” Warung Khusus Warga Kurang Mampu di Solo

Ngeri !! Disangka Tumor, Ternyata Nenek Ini Mengandung Janin 60 Tahun

Gebrakan Baru Raisa Yang Siap Membuat Penonton Melongo

3 Comments