dewabet asia
Kuliner posted by

Kedai Jamu Anti Mainstream Dijakarta

Kedai Jamu Anti Mainstream Dijakarta

Bila Anda ingat dengan lagu khas Jawa yang sangat terkenal sepanjang masa berjudul Suwe Ora Jamu, pasti yang ada dalam benak Anda adalah minuman tradisional Jawa yang sangat terkenal. Kini di kota besar seperti Jakarta telah dibangun sebuah kedai khusus untuk mereka yang suka minum jamu, kedai tersebut bernama Suwe Ora Jamu.

Kedai ini dibuka sejak Februari 2013 yang lalu dan memiliki tiga varian jamu secara garis besar, yakni jamu pahit, jamu house blend atau racikan sendiri yang dikemas dalam botol kaca, dan jamu ringan yang diinovasi seperti mocktail.

“Kita memang sengaja buatnya dicampur, supaya rasanya lebih ringan, jadi orang gak ngerasa minum jamu. Meski begitu, khasiatnya tetap sama. Misalnya ada kunyit asam dicampur dengan sawi hijau, namanya Green Thamarin, yang menjadi favorit anak-anak muda,” ungkap Jonathan Lesmana selaku Managing Director Suwe Ora Jamu di Gandaria Jakarta Selatan Senin 12 Desember 2015 lalu.

Suasana Suwe Ora Jamu/ Copyright by Vemale.com

Suasana Suwe Ora Jamu/ Copyright by Vemale.com

Di kedai ini pula disediakan macam-macam jamu dengan berbagai khasiat, seperti jamu penurun kolesterol, jamu sehat pria, jamu haid teratur, batuk, hingga masuk angin. Ada juga jamu beras kencur, kunyit asam dan jahe manis yang menjadi khas jamu di mbok gendong. Di sini, jamu-jamu tersebut dikemas dalam botol modern dan disajikan dingin dari dalam lemari es.

“Untuk jamu house blend, sengaja kami buat khusus racikannya agar rasanya tidak mendominasi, supaya semakin banyak orang yang mau minum. Meski begitu, khasiatnya tidak berkurang. Seperti Kunyit asam untuk menyegarkan badan ataupun beras kencur untuk menambah stamina dan mengatasi pegal-pegal,” jelas Jonathan.

Beberapa macam jamu dan makanan pendamping/ copyright by Vemale.com

Beberapa macam jamu dan makanan pendamping/ copyright by Vemale.com

Tak mau monoton yang menjual jamu saja, kedai inipun menyediakan camilan khas Indonesia yang tentunya menjadi teman si jamu bila Anda meminumnya. Misalnya ada pisang goreng krispi, roti bakar, bubur kacang ijo serta jamur goreng.

Selain camilan, ada juga makanan berat yang menjadi favorit di kedai inim yaitu Nasi Bakar Tandjung Priok. Nasi ini dibuat dengan memakai bumbu rempah-rempah isi ikan tuna, yang dibungkus dengan daun pisang, dan dipanggang di atas arang. Bagi Anda penyuka pedas, hidangan ini sangat cocok dilidah lho, harganya pun hanya Rp 28.500,00.

Nasi Bakar Tandjung Priok/ copyright by Vemale.com

Nasi Bakar Tandjung Priok/ copyright by Vemale.com

Jonathan berharap mereka yang datang ke kedai Suwe Ora Jamu dapat menikmati minuman tradisional ini, serta mencoba jamu house blend hingga jamu pahit, Mengapa? Agar budaya minum jamu semakin populer lagi.

Gimana Ladies, Anda ingin mencoba jamu house blend hingga jamu pahit? Langsung saja ya datang ke kedai Suwe Ora Jamu di Jalan Petogogan 1 nomor 28 Gandaria Jakarta Selatan.(vem/feb)

Comments are closed.