dewabet asia
Berita posted by

Kemudahan Terbaru Yang Diklaim Polisi Bikin Layanan SIM Lebih Mudah

Kemudahan Terbaru Yang Diklaim Polisi Bikin Layanan SIM Lebih Mudah

Kemudahan Terbaru Yang Diklaim Polisi Bikin Layanan SIM Lebih Mudah Pengendara beroda dua maupun beroda empat diharuskan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai legalitas kepemilikan kendaraan serta keahlian dalam berkendara. Saat ini, kepolisian diberikan wewenang oleh negara dalam mengurus administrasi pembuatan SIM.

Kepolisian membuat kebijakan baru, di mana sebelumnya pembuatan SIM hanya bisa dilakukan secara manual. Kini pembuatan SIM sudah bisa dibuat secara online. Aplikasi pembuatan SIM online ini sudah bisa diakses oleh seluruh warga Indonesia yang ingin membuat SIM maupun memperpanjang SIM.

Tidak jarang, dalam pembuatan SIM akan ada banyak pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan di dalamnya. Jasa calo tentu bukan lagi menjadi nama yang asing dalam mengurus persoalan administrasi. Kepolisian kini mengimbau kepada seluruh warga yang akan membuat SIM untuk berhati-hati dengan jasa calo.

Jangan pernah mencoba-coba untuk menggunakan jasa calo demi mendapatkan SIM dengan mudah dan nyaman. Meski ditawari iming-iming bisa mendapatkan SIM lebih cepat dengan biaya yang lebih mahal dari tarif resmi.

Bagi para pembuat SIM, disarankan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan kepolisian. Dengan demikian, Anda tidak akan tertipu oleh tipu daya para calo yang menawarkan berbagai kemudahan. SIM sendiri terbagi dalam dua jenis, yakni surat izin mengemudi kendaraan bermotor perseorangan dan surat izin mengemudi kendaraan bermotor umum.

Untuk pembuatan SIM, anda diimbau mengikuti prosedur serta mempersiapkan diri sedini mungkin sebelum membuat SIM.

Berdasarkan prosedur yang harus dijalankan sesuai dengan Pasal 81 UU No. 22 Tahun 2009, pembuat SIM harus memenuhi usia yang ditetapkan dalam aturan yang menjadi persyaratan utama tahapan pembuatan, misalnya 17 tahun untuk SIM C dan D.

Selain itu, administratif juga merupakan tahapan berikutnya dalam pembuatan SIM. Memiliki Kartu Tanda Penduduk merupakan hal utama dalam urusan administrasi ini. setelah memiliki KTP, anda akan digiring untuk mengisi formulir permohonan yang akan disertakan dengan rumusan sidik jari.(merdeka)

BACA JUGA

Heboh !! Misteri Jari Telunjuk Mengacung Pada Korban Tewas di Mina

Duo Serigala Keluhkan Dadanya Sering di “Towel”Petugas Keamanan

Breaking News !! Kemenag Pastikan 3 Orang Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Musibah Mina, Ini Identitasnya

Comments are closed.