dewabet asia
Berita posted by

KSPI : Pemusnahan Pekerja (PHK Massal) di Indonesia Tinggal Hitungan Waktu

KSPI : Pemusnahan Pekerja (PHK Massal) di Indonesia Tinggal Hitungan Waktu

KSPI : Pemusnahan Pekerja (PHK Massal) di Indonesia Tinggal Hitungan Waktu  Potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara massal di tahun pertama pemerintahan Jokowi-JK kemungkinan akan terjadi. Hal tersebut sejalan dengan kondisi perekonomian yang melambat atau hanya tumbuh 4,7 persen di kuartal II-2015.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memaparkan potensi PHK secara masal tinggal menunggu waktu saja, jika pemerintahan saat ini tidak cepat tanggap dalam mengatasi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Diperkirakan jutaaan pekerja dari sektor padat modal (capital intesive) terancam PHK dan ini mendekati 1998 bisa krisis. Pertama krisis moneter, ini kan moneter dolar AS terua menguat, IHSG menurun,” ungkapnya, Jakarta, Jumat (31/7/2015)

Said menjelaskan, hal ini berkaca dengan banyaknya investor yang menunggu dan melihat (wait and see) mengenai kondisi ekonomi. Sehingga, sektor capital intensiveseperti industri motor, elektronik melemah.

“Akibatnya krisis moneter menjadi krisis ekonomi kan hubungannya daya beli,” paparnya,

Dirinya pun sudah mendapat laporan mengenai potensi PHK secara masal. Indikasi tersebut terlihat dari kinerja perusahaan, lantaran di beberapa perusahaan sudah melakukan efisiensi dengan mengurangi jam kerja pada buruh atau pekerjanya.

“Yang di capital intensive, kaya otomotif dan lain-lain belum ada laporan terjadi PHK. Yang terjadi adalah merumahkan karyawan, maksudnya itu dalam seminggu 5 hari kerja, 3 hari kerja, 2 hari di rumah,” ungkapnya.

Untuk industri padat karya (labour intensive) sendiri, lanjutnya, mengatakan telah menerima laporan PHK, namun PHK tersebut karena habisnya masa kontrak.

PHK yang terjadi kepada karyawan kontrak yang sudah habis masa kontraknya, yang tidak diperpanjang kontrak nya. Jadi ini sebenarnya kelaziman menjelang lebaran, sebelum-sebelumnya juga gitu,” imbuh dia. (okezone)

BACA JUGA

Mobil Kelas Dunia Buatan India Yang Ramah Kantong

Dalil MUI Keluarkan Fatwa BPJS Nasional Haram

Ahok : Anak SD Sekolah Kaya Tentara Mau Perang

 

4 Comments