dewabet asia
Berita posted by

Nyebrang Haluan, PDIP Sebut PAN Politik Dua Kaki

Nyebrang Haluan, PDIP Sebut PAN Politik Dua Kaki

Nyebrang Haluan, PDIP Sebut PAN Politik Dua Kaki Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan bergabung dengan pemerintah. Sebelumnya PAN menjadi motor partai yang tergabung Koalisi Merah Putih (KMP) untuk berada di luar pemerintah pasca kalah Pilpres 2014.

PAN bersama KMP solid di parlemen dengan memenangkan sejumlah pembahasan dan pengesahan UU termasuk Pilkada dan MD3. Bahkan PAN mendapatkan banyak jabatan di parlemen, seperti wakil ketua DPR, ketua MPR, alat kelengkapan dewan, berkat kerjasama dengan KMP.

Namun arah politik berubah setelah Hatta Rajasa lengser dari ketua umum PAN dan digantikan oleh Zulkifli Hasan. Zulkifli memutuskan untuk membawa partainya ke dalam pemerintahan Jokowi-JK. Meski demikian, PAN menyatakan tetap bersama dengan KMP, tidak bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pendukung pemerintah.

Politik dua kaki yang dimainkan PAN ini kemudian dicurigai oleh Politikus PDIP Hendrawan Supratikno. Hendrawan merasa ragu jika PAN sungguh-sungguh mendukung pemerintah, karena keputusan untuk tetap berada di KMP.

“Kami menangkapnya sinyalnya justru agak sedikit membingungkan. Karena PAN gabung pemerintah tapi tidak keluar KMP, ini kan membingungkan, kalau langkah dalam catur itu langkah satu yang terus menerus harus dicermati,” kata Hendrawan

Hendrawan menilai, loyalitas PAN harus diuji seberapa besar dukungannya terhadap pemerintah. Karena, kata dia, setiap orang bisa saja secara lisan mendukung pemerintah, tapi dalam praktiknya tidak.

“Saya kira harus ada semacam patuh uji, seberapa besar dukungan itu, kalau dukungan bentuk wacana, sudah disampaikan banyak kalangan bukan hanya PAN. Prabowo pernah, Gerindra, Golkar pernah menyampaikan (dukung pemerintah) maka harus ada semacam langkah terukur, kontribusi yang terukur,” tegas Hendrawan.

Sementara soal jatah menteri, apakah PAN memang layak diberikan menteri karena sudah gabung pemerintah? Hendrawan lagi-lagi menyatakan bahwa PAN harus menunjukkan kontribusinya lebih dulu.

“Kita harus membuat kontribusi yang lebih terukur,” terang anggota Komisi XI DPR ini.(merdeka)

BACA JUGA

5 Anggota Timnas U 23 Pindah Ahli Jadi TNI Indonesia

20 Top Universitas Yang Bisa Menjadi Pintu Gerbang Untuk Bekerja di Google

Niat Menawar Harga Bawang , Wanita Paruhbaya ini Malah Diteriaki Maling

2 Comments