dewabet asia
Ekonomi posted by

Rencana Penjualan Gedung Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Rencana Penjualan Gedung Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) rencananya akan dijual demi semangat efisiensi. Ada usulan disewakan saja sebagian ruangannya.

Menteri BUMN Rini Soemarno sudah mengumumkan rencana penjualan kantornya itu awal pekan ini. Gedung setinggi 22 lantai tersebut akan ditawarkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan gedung seperti Pemprov DKI Jakarta hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Rini beralasan penjualan gedung Kementerian BUMN karena pertimbangan efisiensi. Beban operasional rutin dinilai sangat tinggi padahal jumlah karyawan kementerian tidak terlalu banyak.

Jumlah karyawan Kementerian BUMN hanya 250 orang. Dengan jumlah sebanyak itu, menurut Rini, Kementerian BUMN cukup berkantor di tiga sampai empat lantai saja.

Usulan pun datang dari Pengamat BUMN sekaligus mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu. Menurutnya, sangat disayangkan jika aset negara harus dilepas padahal ada cara lain untuk memanfaatkannya.

Dulu, pemerintah sudah berusaha sekuat tenaga untuk bisa membeli gedung tersebut dari PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) supaya tidak jatuh ke tangan swasta. Garuda pun bisa selamat dari kebangkrutan setelah menjual gedung tersebut ke pemerintah.

“Intinya pemerintah sebelumnya sudah menyelamatkan aset strategis negara yang dimiliki oleh Garuda saat itu. Kenapa justru sekarang mau dijual?” Kata Said kepada media¬†¬†Selasa (16/12/2014).

“Kalau memang kelebihan, agar efesien sebaiknya disewakan saja ke BUMN yang juga banyak menyewa kantor di berbagai tempat di Jakarta. Bukan dijual,” ujarnya.

Rini mengaku penjualan gedung ini masih wacana. Meski demikian, sudah ada beberapa pihak yang ditawarkan dan mengaku berminat, salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

(ang/hds)

1 Comment