dewabet asia
Berita posted by

Sukijo Chef Kepresidenan Dengan Sejuta Makanan Lezatnya

Sukijo Chef Kepresidenan Dengan Sejuta Makanan Lezatnya

Nama Chef Sukijo  memang tidak setenar dengan chef-chef yang sering tampil di layar kaca. Namun, pengetahuan serta pengalaman soal kuliner tidak perlu ditanya lagi. Dia adalah mantan juru masak Istana Negara. Lima Presiden yakni, Soeharto, BJ Habibie,Megawati,Abdurrahman wahid(Gus Dur) dan SBY pernah merasakan racikan masakan warga Ciledug, Kota Tangerang ini.

Kesuksesan Sukijo diawali saat dirinya bekerja di Hotel Shultan sebagai mekanik kompor. Sikap Sukijo yang ramah dan sopan ternyata menarik minat kepala chef yang saat itu adalah seorang warga negara asing untuk menawarkan Pak’de mengikuti pelatihan memasak.seperti tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, Pak’de menerima tawaran sang chef Internasional itu.

Tidak butuh waktu lama. Selama lima minggu, Sukijo sudah mahir memasak. Bahkan ia sudah langsung dipercaya mendampingi kepala chef di dapur hotel bintang lima itu. Semenjak itu, kehidupan seorang mekanik kompor berubah menjadi juru masak restoran di hotel bintang lima. Keyakinan Pak’de pada karirnya yang akan cemerlang di dunia masak tidak hanya di Hotel Shultan saja. Pada 1994, pria berdarah Jawa ini pindah ke Hotel Sangrila.

Hanya bertahan dua tahun, Sukijo berpindah ke Grand Melia Hotel di daerah Kuningan Jakarta. Dari hotel mewah inilah,Sukijo mempunyai kesempatan untuk keliling Eropa dan Asia, mempromosikan masakan Indonesia. Sebut saja Kanada, Jerman,  Brazil untuk Eropa. Cina, Hongkong, dan Jepang menjadi negara pembelajarannya di Asia. Jadi, jangan heran jika pria yang kini sudah mempunyai empat cucu itu mahir semua masakan, Eropa, Asia, terlebih masakan tanah air sendiri.

Mantapnya masakan membuat Sukijo dipercaya memasak di berbagai acara penting kepresidenan. Chef yang tidak punya latar pendidikan formal di dunia masak ini, pernah masak untuk Istana Presiden dan Istana Bogor.
Jika ditanya mana yang paling berkesan, Sukijo menjawab memasak untuk Presiden BJ Habibie. “Keluarga beliau ramah, bahkan almarhum ibu Ainun pernah masak bareng sama saya. Benar-benar ramah,” jelas pria yang juga mahir beberapa bahasa negara yang pernah dikunjunginya itu.

Kini untuk menghabisi masa tuanya, Sukijo tidak pernah berhenti memasak. Dengan dibantu anaknya Eko Suwarto,Sukijo membuka warung Steak  Bakul’e yang beralamat di Villa ubud Jl.ciledug raya samping pom bensin hj.mencong harga kaki lima  yang mempunyai cita rasa bintang lima.

BACA JUGA

Gaun Tidur Dapat Meningkatkan Hasrat Bercinta

5 Bahan Alami Atasi Jerawat

Tips Untuk Memperbaiki Kehidupan Seks

Wow Anjing Paris Hilton Ini Seharga RP 318 Juta

 

 

Comments are closed.